Money politic

 


Apa itu mony politic? Menurut Wikipedia, adalah suatu bentuk pemberian atau janji menyuap seseorang baik supaya orang itu tidak menjalankan haknya untuk memilih maupun supaya ia menjalankan haknya dengan cara tertentu pada saat pemilihan umum. Pembelian bisa dilakukan menggunakan uang atau barang.


Praktik politik uang dilakukan dengan cara pemberian berbentuk uang, sembako antara lain beras, minyak dan gula kepada masyarakat dengan tujuan untuk menarik simpati masyarakat agar mereka memberikan suaranya untuk partai yang bersangkutan.

Apa dampak politik uang,?

Dari paragraph di atas dapat kita pahami bahwa politik uang adalah suatu bentuk sogokan atau bayaran,  dan apa dampak nya kemasarakat, besar sekali dampaknya kita lihat sekarang di media2  tv, dan media cetak maupun media sosial dan bahkan di daerah kita sendiri, demo di mana2, itu di karnakan  apa-apa yang di cetuskan oleh anggota baik dprk dprd maupun dprri, bukan karna dasar perestasi pengetahuan , melaikan karna untuk memberikan kemudahan kepada para investor dan donatur yang telah membantu mereka untuk naik ke banggku dpr,dpd dan dprk melalui uang,  untuk membeli suara rakyat. Itulah kenapa sekarang banyak sekali kebijakan-kebijakan tidak mengarah untuk kepentingan masyarakat karna para wakil rakyat itu sedang membayar untang nya dakhulu sebelum menjadi anggota dewan.



Pesan moral:  jangan mau menerima                                 money politik salalu berikan pemahaman untuk saudarah mu yang tidak punya pengetahun tentang politik dengan baik,  jangan selau egois kalo saya tidak di bayar saya tidak memilih dia,  bahagia waktu sehari sebelum pemilihan dengan menerima uang dari calek, (calon legislative), menderita 5 tahun selanjutnya,, betul apa kata para pakar2 politik memilih itu tidak lama hanya lima menit bahkan kurang, tapi menetukan hidup bangsa ini lima tahun yang akan datang. 




Penulis: Danil Munandar 

Editors : danilmd11

Komentar